Your Ad Here

Buruknya Pengelolaan Hutan

Posted by shinbe | 6:16 AM | | Comments

Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya hutan. Sayangnya dalam beberapa dasa warsa terakhir ini 2,5 juta hektar hutan di Indonesia setiap tahunnya mengalami kerusakan, baik akibat tekanan sosial, bencana alam, konversi, maupun penerapan kebijakan-kebijakan yang tidak tepat. Ilegal logging dan kebakaran hutan adalah fenomena-fenomena terkini yang memberikan andil besar dalam mempercepat laju degradasi hutan di Indonesia.

Kondisi semacam itu telah secara nyata mempengaruhi kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya pada masyarakat yang tinggal di dalam maupun di sekitar kawasan hutan. Kondisi ini juga telah berakibat pula pada merosotnya tingkat keanekaragaman hayati dan fungsi pelayanan lingkungan pada ekosistem di negara ini. Situasi semacam ini mempunyai kemungkina besar akan berdampak serius terhadap kinerja perekonmian bangsa.

Perjalanan yang cukup panjang dalam pengelolaan hutan di Indonesia, yaitu lebih dari 100 tahun dalam pengelolaan hutan di pulau jawa, kurang lebih 40 tahun dalam pengelolaan hutan alam di luar jawa, dan kurang lebih 15 tahun dalam pengelolaan hutan tanaman industri di luar pulau jawa, telah memberikan banyak pengalaman yang sangat berarti bagi kita semua.Ada beberapa kemajuan yang sudah kita capai, tetapi lebih banyak lagi masalah dan kendala yang belum mampu kita selesaikan dan atasi, baik karena persoalan internal sektor kehutanan maupun karena masalah dan tekanan eksternal sehingga secara keseluruhan kinerja pengelolaan hutan Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Kondisi hutan kita belum dapat berfungsi maksimal sebagai sumber dan penyangga kehidupan, seperti yang kita harapkan bersama, tapi justru banyak bencana banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan yang terjadi yang disebabkan karena kita tidak bijak dalam mengelola dan memanfaatkan hutan kita, sehingga fungsi hutan baik secara ekonomi, social, maupun lingkungan belum berjalan sebagaimana mestinya.

Nilai ekonomi dari hutan masih terlalu kecil yang sudah dan dapat kita kelola dan manfaatkan, tetapi laju deforestasi dan degradasi hutan semakin besar dan malah sudah melewati ambang batas yang dapat diterima, akibatnya sumber daya hutan kita yang luar biasa luas dengan keanekaragaman hayatinya yang begitu kaya belum dapat memberikan manfaat bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat terutama bagi masyarakat sekitar hutan.