Your Ad Here

Selamatkan Bumi Kita Tercinta

Posted by shinbe | 11:46 PM | | Comments

Ruang angkasa adalah suatu tempat yang berbahaya, tidak hanya karena meteor-meteornya ataupun tidak adanya O2 tetapi juga karena sinar matahari dan bintang atau planet lainnya. Atmosfir berfungsi sebagai lapisan pelindung kita di bumi. Cahaya masuk (menembus atmosfir) dan ini penting bagi tanaman untuk membuat lingkungan kita cocok (untuk tempat tinggal kita) dan beberapa sinar ultraviolet menembus atmosfer. Sinar-sinar kosmis yang bermacam-macam yang berasal dari angkasa luar ikut menembus udara, tetapi hanya sejumlah kecil saja dari radiasi maupun sinar matahari yang tersaring (akibat menipisnya lapisan ozon).

Bahaya dari sinar matahari yang tersebut mungkin sudah dapat kita rasakan dengan semakin panasnya bumi ini ataupun bisa kita lihat dengan mencairnya gunung-gunung es di kutub. Namun bahaya dari radiasi luar angkasa yang kita terima seperti sinar-sinar kosmis maupun mineral radioaktif yang tidak mampu disaring oleh lapisan atmosfir tidak bisa kita lihat ataupun rasakan dalam waktu yang singkat (efek tak terlihat). Seorang bisa saja terlihat dan merasa sehat tapi siapa yang tahu bahwa sel-sel alat kelaminnya telah mengalami kerusakan akibat dari radiasi sinar-sinar kosmis maupun radioaktif dari angkasa luar, dan ini tidak diketahui sampai saat kelahiran anaknya (yang kemungkinan cacat), atau bahkan sampai kelahiran cucunya.

Untuk itu marilah kita bersama-sama menyelamatkan keturunan dan anak cucu kita nanti dengan semakin cinta dengan lingkungan kita. Hal ini tentu saja bisa dimulai dari tempat tinggal kita sendiri dengan :
  • Menanam tanaman-tanaman setidaknya satu tanaman saja yang bisa mengolah/mengurangi kadar CO2 di udara. Bila setiap rumah mampu menanam satu pohon saja setidaknya ada milyaran tanaman yang akan tertanam.
  • Kurangi penggunaan freon dalam rumah tangga (hairsprai, kulkas, ac, dll). Semakin banyak semakin bagus untuk regenerasi ozon yang bisa memakan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk bisa menutup lubang yang teradapat dalam lapisan ozon.
  • Matikan listrik. (jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak. Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker fosil penyumbang besar emisi).
  • Hemat penggunaan kertas karena kertas bahan bakunya berasal dari kayu. Jika semakin banyak kertas terpakai berarti semakin banyak pula pohon yang ditebang, jika semakin banyak pohon yang ditebang berati semakin banyak pula zat-zat polutan yang bisa merusak lapisan ozon terbang bebas menggerogoti ozon.
  • Ajak teman, saudara, pacar, tetangga ataupun siapa saja yang anda kenal untuk ikut melakukan hal-hal kecil di atas. Semua adalah dari kita oleh kita dan sebenarnya juga untuk diri kita sendiri.
  • terimakasih sudah menyempatkan waktu membaca tulisan ini
Mungkin terlihat berlebihan, tapi terkadang dengan cara seperti ini kita baru tersadar bahwa bahaya yang sangat besar siap mengancam kehidupan kita dan anak cucu kita nanti.