Your Ad Here

pemberdayaan dalam rangka menghidupkan kembali ekonomi kerakyatan

Posted by shinbe | 8:15 AM | | Comments

Pemberdayaan masyarakat yang diiringi dengan upaya memperkuat kelembagaan masyarakat akan mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan yang berkelanjutan. Pemberdayaan masyarakat juga merupakan upaya meningkatkan harkat dan martabat masyarakat yang dalam kondisi sekarang mengalami kesulitan untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterebelakangan. Dengan kata lain peam kondisi sekarang mengalami kesulitan untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterelakangan.mberdayaan adalah memampukan dan memandirikan masyarakat.

Untuk memberdayakan masyarakat, strategi pembangunan harus ditujukan ke dua arah :
  • Pertama, masalah strukutural dalam perekonomian dan dalam tatanan sosial yang memisahkan masyarakat maju yang berada di sektor modern dari masyarakat tertingal yang berada di sektor tradisional.
  • Kedua, pemberdayaan sektor ekonomi dan masyarakat yang masih tertinggal. Dalam kerangka ini arah pemberdayaan masyarakat adalah penciptaan iklim yang memungkinkan potensi masyarakat berkembang (enabling), upaya memperkuat potensi yang dimiliki oleh masyarakat (empowering), dan perlindungan. Dalam proses pemberdayaaan, yang lemah harus didukung agar tidak semakin lemah, dan pendampingan perlu diwujudkan. Pendampingan menentukan keberhasilan gerakan dalam meningkatkan kegiatan sosial ekonomi penduduk.